Kraton Nursery

Pusat Budidaya Jambu Air Madu | Bibit Jambu Madu Hijau | WA : 0858 5353 8834

Menu

Demam Jambu Air Madu di luar Sentra-1

Jan
19
2017
by : kraton nursery. Posted in : News
DEmam Jambu Air Madu diluar sentra

jambu madu deli,jambu madu,jambu air madu,budidaya jambu madu,bibit jambu madu,pupuk untuk jambu madu,bibit jambu air,jambu madu hijau,cara budidaya jambu madu,jambu air unggulan

Dalam dua tahun bermunculan kebun jambu air madu atau jambu madu deli hijau di berbagai kota. Pasar di luar sentra tetap mampu menyerap produksi.

Hasrizal Hasan SE MM berprofesi ganda. Pada senin-Jumat ia menjadi pengajar di universitas Islam Riau. Namun, pada akhir pekan ia menjadi petani yang mengebunkan 200 pohon jambu air madu. Dosen Manajemen di Fakultas Ekonomi itu menanam pohon anggota Myrtaceae dalam drum plastik berdiameter 50 cm. pohon berbuah susul-menyusul. Hasrizal 2-4 kg buah per pohon setiap bulan. Dari Rata-rata produksi 600 kg per bulan, 50% masuk kualitas A. 20% kualitas B. dan 30% kualitas Hasrizal menjual buah kualitas A Rp. 40.000, Kualitas B Rp. 35.000, dan C Rp. 25.000 per kg presentase kualitas A-berbobot 125-165 gram per buah ,mulus tanpa gerekan serangga. Dengan bentuk lonceng yang nyaris seragam – relatif tinggi karena perawatan intensif.

Omzet Di luar sentra

Di wirokerten. Yogyakarta, Jaya Saputra juga membudidayakan 103 pohon jambu air madu deli yang berbasis rapi berjarak tanam 2,5 m x 3 m. Sosok tanaman berumur 1,3 tahun itu seragam dengan tinggi rata-rata 1,5 meter. Di bawah tajuk setiap pohon terdapat kran air dari pipa polivinil klorida (PVC). Itu memudahkan Jaya Saputra, pemilik kebun, menyiram tanaman. Dari pohon-pohon itu Jaya memetik 3-4 kg buah per pohon pada panen perdana, Februari 2015. Selain Jaya Saputra, pekebun lain yang jatuh hati pada jambu madu deli hijau adalah Isto Suwarno. la menanam 1.000 pohon pada pertengahan 2014. pada akhir Maret 2015 jambu-jambu itu mulai berbunga. Isto memperkirakan buah siap petik pada Juni 2015.

Jika produktivitas buah mencapai 3 kg per tanaman, maka pada panen perdana nanti Isto Suwarno menuai 3.000 kg. Pekebun di Kabupaten Klaten. Provinsi Jawa Tengah itu berencana mengembangkan agrowisata, “Nanti pengunjung bisa menikmati langsung buahnya di kebun,” ujar Isto Suwarno.

Ia tertarik menanam jambu air madu karena gampang berbuah. produktivitas tinggi, serta rasa buah sangat manis, dan renyah Dengan tinggi maksimal 2-2,5 m, pekebun jambu madu deli hijau mudah memangkas, membungkus, dan memetik.

Buah Unggul

Hasrizal di riau, Jaya Saputra di Jogjakarta dan isto Suwarno di Jawa Tengah hanya beberapa pekebun yang mengembangkan jambu air madu hijau di luar sentra. Di berbagai daerah kini memang memunculkan kebun jambu madu deli hijau. Sekedar menyebut beberapa pekebun lain Bayu Ari Sidi di Bantu dan Timotius yongke di sleman. keduanya di Yogyakarta. Mereka menanam Syzigium samaragense itu pada 2013 Bayu menanam 2,000 pohoon beragam umur sebanyak 150 pohon kini berumur 2,5 tahun, 250 pohon (1,5) tahun. Selebihnya kurang dari 1 tahun. Adapun Yongkle menanam 300 pohon yang kini beruur 2 tahun. Alasan para pekebun membudidayakan jambu madu deli hijau itu relatif sama, yakni keunggulan buah yang sohor dengan sebutan tiga ter, yakni termanis, termudah berbuah, dan terlebat buahnya.

Soal cita rasa, tingkat kemanisan jambu air madu mencapai 12,4 briks. Sudah manis, renyah pula sehingga sesuai dengan selera konsumen. Termudah berbuah ? Para pekebun membuktikan bibit asal setek berproduksi perdana sembilan bulan setelah tanam. Bandingkan dengan jambu air jenis lain yang berproduksi rat-rata 24-36 bulan setelah tanam. Artinya jambu madu deli hujau terbilang genjah alias cepat mudah berbuah. Kelebihan lain adalah terlebat pekebun menuai hingga 4 kg pada panen perdana. Kombinasi kelebihan-kelebihan itu menyebabkan banyak pekebun di luar sentra tertarik membudidayakannya. Apalagi permintaan buah di senta juga sangat tinggi. Yang di maksud sentra adalah wilayah Sumatra Utara…bersambung (sumber :majalah Trubus)

artikel lainnya Demam Jambu Air Madu di luar Sentra-1

Thursday 12 October 2017 | News

Program CSR – Workshop Pelatihan Budidaya Jambu Madu Hijau Kraton Nursery Belajar Ilmu Agama (Tafaqohufiddien) adalah…

Monday 14 August 2017 | News

Cerita Kraton Nursery HOBI ? Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan…

Tuesday 5 September 2017 | News

Alhamdulillah paket Bibit Jambu Air Madu Gratis  dalam program “Buahkan Pesantrenmu” Kraton Nursery satu persatu terkirim…

Sunday 23 July 2017 | News

Alhamdulillah Kebun Jambu Madu Hijau Kraton Nursery Resmi terdaftar HAKI .. SYAH..!!! HAKI (Hak Atas Kekayaan…

Kraton Nursery

Pusat Budidaya Jambu Air Madu | Bibit Jambu Madu Hijau | WA : 0858 5353 8834

Jl. Sanggrahan Donohudan Timur Embarkasi Haji Donohudan Byl – Solo
0851 0502 4699
0858 5353 8834